Senin, 20 Februari 2012

Drama Jepang vs Drama Korea


(Dari judulnya udah bisa di tebak kan :D) Yup! di posting kali ini saya akan membahas sedikit tentang Drama Jepang dan Drama Korea.. karena sepertinya akan kita temukan perbedaan maupun persamaan yang menarik diantara keduanya. umm.. secara pribadi saya memang peminat drama Jepang dan Korea dibandingkan drama indonesia (a.k.a sinetron) Haha :D


Dari banyaknya drama yang saya tonton, saya sedikit menemukan perbedaan di dalamnya. Hayooo apaaa???
Kalau menurut saya, walau mempunyai genre yang sama, tetapi terkadang sampaian yang ditangkap sangatlah berbeda. Pada saat nonton drama jepang, sering kali yang terasa adalah semangat-semangat yang cukup membara (bahasanya lebay, tapi bingung juga mengatakannya bagaimana, hehehe). Misalnya nih, kita menonton film Dragon Zakura yang menceritakan tentang perjuangan beberapa siswa SMA dari sebuah SMA yang mempunyai rata-rata nilai 32 yang berusaha untuk masuk ke Universitas Tokyo. Di drama ini sangat kuat bagaimana proses perjuangan mereka dan walaupun ada sedikit romansa di dalamnya, tetapi romansa tersebut tidak terlalu menonjol. 

Sementara pada salah satu drama korea yang berjudul God Of Study yang mengadaptasi drama jepang yang sama, lebih menonjolkan tentang romansanya, sehingga ketika orang membanding-bandingkan kedua drama tersebut akan banyak prokontra di dalamnya. Walau mungkin kita tahu itu memang aturan sutradara dalam mengonsep cerita, akan tetapi hal ini cukup memperjelas pikiran saya bahwa sebagian besar drama korea memang kuat dari segi romansanya, sementara drama jepang kuat dalam segi pengkonsepan cerita yang selalu mengedepankan bagaimana perjuangan-perjuangan dalam mendapatkan impian-impian (apapun itu).

Dari adanya perbedaan tentunya ada juga persamaan yang sangat menarik dan membuat saya tetap menyukai kedua drama tersebut, yaitu bagaimana mereka sangat mencintai budaya mereka dan menonjolkan keindahan budaya tersebut dalam drama yang mereka buat. Dan hal itu membuat orang-orang dari negara lain seperti saya sangat ingin berkunjung ke kedua negara tersebut untuk menikmati panorama keindahannya. Selain itu drama jepang maupun korea tidak mengangkat cerita yang membuat emosi meledak-ledak seperti saat menonton drama Indonesia. hahhahaa, maafkan aku negerikuuu... -/\-
  
Mungkin itu saja munurutku perbedaannya, jika ada pendapat lain, silahkan posting comment disini...:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar